Membuat ERD Menggunakan Sybase Power Designer

Buka aplikasi Power Designer kemudian akan muncul windows New Model.. Pilih Conceptual Data

Buka aplikasi Power Designer kemudian akan muncul windows New Model.. Pilih Conceptual Data

 

 

 

2

 

Kemudian akan muncul workspace seperti diatas, kita bisa mulai memasukan entitas

3

Gambar diatas merupakan pop-up pengisian entitas.. Isi Name dengan judul entitas yg dibuat, misalkan yang pertama yg akan dibuat adalah entitas Jurnal.

4

Masuk ke tab Attributes, isikan masing masing atribut (nama atribut, code, tipe data, panjang data, dan primary atau bukan)

5

Setalah berhasil buat entitas pertama , buat entitas berikutnya yaitu Penulis

6

Sama seperti sebelumnya, isikan atribut-atribut dalam entitas Penulis

7

Kemudian buat hubungan (relationship) antara entitas satu dengan yg lainnya. Seperti contoh sebelumnya ada entitas Penulis dan Jurnal. Hubungan kardinalitas antara Penulis dan Jurnal yaitu one to many.

8

Masuk ke tab general untuk menuliskan nama hubungan antara entitas penulis dengan jurnal, hubungannya yaitu Menulis.

9

Nah, jadinya akan seperti ini.

ERD EJURNAL

Berikut adalah contoh ERD sistem E-Jurnal yang berhasil saya buat.

 

Paradigma SDLC

Welcome to my new blog, dimana semua yang baca akan merasakan mual-mual, pusing, sakit hati, galau, gundah, merana perasaan nyaman buat belajar..

Ini adalah tulisan pertamaku di sini, tulisan abstrak yang gak perlu dibaca tapi patut untuk dipahami. Bukan mau sok akademi, tapi berhubung ini sekaligus jadi tugas salah satu mata kuliah di kampus baru, jadi yang akan dibahas sedikit nyerempet ke materi kuliah. So, kalo yang gak kuat boleh melambaikan tangan ke mantan..

Langsung aja ..

SDLC

Ada yang pernah denger apa itu SDLC ? apa sih SDCL itu ? akronim apa sih?? Suka Dulu Lalu Cinta? aah bukaan, lupakan..

kalo kamu yang kuliah di jurusan yang ada hubungannya sama komputer atau misalnya kuliah di jurusan Teknik Informatika, pasti pernah denger apa itu SDLC. Tapi kalo kamu kuliah di jurusan lain pasti kamu taunya SKSD :D

SDLC atau Systems development life cycle is a framework defining tasks performed at each step in the software development process.

Nah, kurang lebih begitulah.. paham kan?

atau bingung??

kalo bingung ya sama XD

Jadi SDLC itu bisa dibilang sebagai framewofk yang bertugas untuk menjelaskan setiap langkah yang dilakukan dalam suatu proses pengembangan aplikasi. SDLC merupakan struktur yang diikuti oleh team developer dalam mengembangkan suatu aplikasi. Terdiri dari uraian rencana detail bagaimana dalam mengembangkan suatu aplikasi.

Agile Model

Salah satu model dari SDLC namanya Agile model. ya, namanya memang sedikit unik, agak ke Indonesia-an. Seperti nama orang yg namanya Agil dan di berprofesi sebagai model, jadi oleh teman-temannya dipanggil Agile model.

back to topic..

Agile model or Agile Software Development Agile Software Development is a lightweight software engineering framework that promotes iterative development throughout the life-cycle of the project, close collaboration between the development team and business side, costant communication, and tightly-knit teams.

Agile model merupakan salah satu bentuk model sdlc yang mempromosikan pengembangan berulang sepanjang siklus hidup proyek, membuat kerjasama yang erat antara tim pengembangan dan client, komunikasi yang dilakukan secara konstant membuat ikatan yang erat antar team,

Extreme Programming

Extreme Programming adalah salah satu contoh dari Agile development life cycle model yang paling di ketahui saat ini. Kalo saat ini kamu belum tau, cobalah untuk jadi manusia saat ini.

 

- Keuntungan menggunakan teknik extreme programming.

(a) Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Klien.

(b) Meningkatkan Komunikasi dan Sifat Saling Menghargai antar Developer.

- Kelemahan menggunakan teknik extreme programming:

(a) Developer harus selalu siap dengan perubahan karena perubahan selalu

diterima.

(b) Tidak bisa membuat kode yang detail di awal (prinsip simplicity dan juga

anjuran untuk melakukan apa yang diperlukan hari itu juga). (McLeod &

Schell, 2004; Willy Sudiarto Raharjo; Martin, 1991)

Sumber air su dekat..

http://kelassisteminformasi.blogspot.co.id/2009/10/sdlc-system-development-life-cycle.html

https://www.techopedia.com/definition/13564/agile-software-development

https://www.techopedia.com/definition/22193/software-development-life-cycle-sdlc

http://www.extremeprogramming.org/map/project.html

Selamat Menulis

Selamat Datang di Dunia Blog, dan selamat menulis…

Pengelola blog kembali mengingatkan akan peraturan pemakaian Blog Universitas Widyatama Bandung adalah sebagai berikut :

  1. Blog ini merupakan milik Universitas Widyatama termasuk didalamnya seluruh sub domain yang digunakan sehingga apa yang terdapat didalam blog ini secara umum akan mengikuti aturan dan kode etik yang ada di Universitas Widyatama Bandung.
  2. Blog ini dibuat dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga (WordPress), dan lisensi plugin plugin didalamnya terikat terhadap developer pembuat plugin tersebut.
  3. Blog ini dapat digunakan oleh Karyawan, Dosen dan Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung.
  4. Dilarang melakukan registrasi username atau site/subdomain blog dengan menggunakan kata yang tidak pantas.
  5. Dilarang memasukkan konten dengan unsur SARA, pornografi, pelecehan terhadap seseorang ataupun sebuah institusi.
  6. Dilarang menggunakan blog ini untuk melakukan transaksi elektronik dan pemasangan iklan.
  7. Usahakan sebisa mungkin untuk melakukan embed video atau gambar di bandingkan dengan melakukan upload secara langsung pada server.
  8. Pelanggaran yang dilakukan akan dikenakan sanksi penutupan blog dan atau sanksi yang berlaku pada aturan Universitas Widyatama sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.
  9. Administrator berhak melakukan pembekuan account tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika dianggap ada hal hal yang melanggar peraturan.
  10. Aturan yang ada dapat berubah sewaktu waktu.

Beberapa Link terkait Universitas Widyatama

  1. Fakultas Ekonomi - http://ekonomi.widyatama.ac.id
  2. Fakultas Bisnis & Manajemen – http://manajemen.widyatama.ac.id
  3. Fakultas Teknik – http://teknik.widyatama.ac.id
  4. Fakultas Desain Komunikasi Visual – http://dkv.widyatama.ac.id
  5. Fakultas Bahasa – http://bahasa.widyatama.ac.id

Layanan Digital Universitas Widyatama

  1. Biro Akademik – http://akademik.widyatama.ac.id
  2. Rooster Kuliah – http://rooster.widyatama.ac.id
  3. Portal Mahasiswa – http://mhs.widyatama.ac.id
  4. Portal Dosen – http://dosen.widyatama.ac.id
  5. Digital Library – http://dlib.widyatama.ac.id
  6. eLearning Portal – http://learn.widyatama.ac.id
  7. Dspace Repository – http://repository.widyatama.ac.id
  8. Blog Civitas UTama – http://blog.widyatama.ac.id
  9. Email – http://email.widyatama.ac.id
  10. Penerimaan Mahasiswa Baru – http://pmb.widyatama.ac.id/online

Partner UTama

  1. Putra International College – http://www.iputra.edu.my
  2. Troy University – http://www.troy.edu
  3. Aix Marsielle Universite – http://www.univ-amu.fr
  4. IAU – http://www.iau-aiu.net/content/institutions#Indonesia
  5. TUV – http://www.certipedia.com/quality_marks/9105018530?locale=en
  6. Microsoft – https://mspartner.microsoft.com/en/id/Pages/index.aspx
  7. Cisco – http://www.cisco.com/web/ID/index.html
  8. SAP – http://www.sap.com/asia/index.epx
  9. SEAAIR – http://www.seaair.au.edu

Academic Research Publication

  1. Microsoft Academic  -  http://academic.research.microsoft.com/Organization/19057/universitas-widyatama?query=universitas%20widyatama
  2. Google Scholar – http://scholar.google.com/scholar?hl=en&q=Universitas+Widyatama&btnG=

Info Web Rangking

  1. Webometric – http://www.webometrics.info/en/detalles/widyatama.ac.id
  2. 4ICU – http://www.4icu.org/reviews/10219.html